Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Siswa Tidak Ditemukan Di EMIS 4.0

 

Dalam pendataan siswa baru di aplikasi EMIS, kadangkala siswa yang ingin dimasukkan ke EMIS tidak ditemukan. Sebenarnya ada beberapa opsi pencarian siswa. Bisa dilakukan dengan mencari NISN. Bisa juga mencari berdasarkan NIK siswa. Ada juga pencarian berdasarkan Nama dan TTL siswa.

Namun, apabila berbagai cara tersebut sudah dijalani dan masih tetap tidak menemukan siswa yang dimaksud, bagaimana solusinya? Ya, dengan cara menghubungi operator sekolah asal. Komunikasikan secara baik-baik mengenai data profil siswa yang akan diinput ke EMIS. Lalu, bagaimana jika sekolah asalnya tidak bisa dihubungi? Berikut akan kami jelaskan alternatif terakhir yang bisa dilakukan oleh operator.

Buatlah Nomor Induk Siswa Madrasah (NISM) di Excel

Buatlah nomor induk siswa. Format NISM yang benar adalah 12 digit Nomor Statistik Madrasah (NSM) + 2 digit tahun masuk siswa + 4 digit nomor urut siswa di madrasah (urutan terserah masing-masing madrasah).

Login EMIS 4.0 Klik Menu Siswa, Klik Daftar Siswa, Klik Tambah, Klik Dari Sekolah Umum

Meskipun siswa yang akan dimasukkan berasal dari Madrasah, tetap diklik Dari Sekolah Umum.

 


NPSN Sekolah Asal Diisi Dengan NISM Siswa Sedangkan Kotak NISN Diisikan NISN Siswa, Klik CARI


 

Centang Siswa Setelah Dicek Kebenaran Datanya, Klik Tambahkan


 

Klik Daftarkan, Isi Tanggal Masuk Siswa, Klik Lanjut, Klik YA

Maka, siswa sudah masuk ke EMIS. 

Apabila masih gagal, maka operator bisa mengkomunikasikan permasalahan tarik data siswa ini kepada operator kabupaten.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat

Post a Comment for "Mengatasi Siswa Tidak Ditemukan Di EMIS 4.0"